Tiga Sungai Utama Di Kabupaten Subang (3)

cil1

3. Sungai Cilamaya

Sungai Cilamaya secara administratif masuk ke 3 wilayah kabupaten, yaitu Kabupaten Subang, Kabupaten Purwakarta dan Kabupaten Karawang), karena itu pula Sungai Cilamaya ada dalam kewenangan Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Mengalir sepanjang 60 km, Sungai Cilamaya bersumber di Gunung Burangrang dan bermuara di Laut Jawa.

Di antara sungai besar lainnya di Kabupaten Subang, Sungai Cilamaya memiliki potensi pencemaran paling besar, karena banyaknya industri yang berdiri di sepanjang sungai tersebut. Semakin ke hilir potensi limbah yang masuk semakin besar dengan banyaknya jumlah penduduk yang berpotensi menghasilkan limbah domestik (di antaranya pasar di Kabupaten Karawang yang berada di bagian hilir).

cil1

Sungai Cilamaya (Sumber: pronline)

Pencemaran Sungai Cilamaya ditandai oleh warna yang pekat dan bau menyengat di beberapa wilayah, yang kondisinya semakin parah jika musim kemarau datang. Selain mengganggu kesehatan warga, pencemaran juga mengganggu aktivitas perekonomian warga. Tercatat ratusan hektar tambak dan lahan pertanian yang tercemar limbah Sungai Cilamaya.

cil2

Pencemaran Sungai Cilamaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *