Monthly Archives: September 2015

Tiga Sungai Utama Di Kabupaten Subang (3)

cil1

3. Sungai Cilamaya

Sungai Cilamaya secara administratif masuk ke 3 wilayah kabupaten, yaitu Kabupaten Subang, Kabupaten Purwakarta dan Kabupaten Karawang), karena itu pula Sungai Cilamaya ada dalam kewenangan Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Mengalir sepanjang 60 km, Sungai Cilamaya bersumber di Gunung Burangrang dan bermuara di Laut Jawa.

Tiga Sungai Utama Di Kabupaten Subang (2)

as2

2. Sungai Ciasem

Memiliki 21 sungai dan 61 anak sungai, DAS Ciasem dengan sungai induknya Sungai Ciasem, merupakan satu-satunya DAS di Kabupaten Subang yang seluruh wilayahnya dari hulu hingga hilir berada dalam wiayah Kabupaten Subang. Sungai Ciasem berhulu di Desa Curugagung, Kecamatan Sagalaherang, hilirnya di Desa Pelabuhan, Kecamatan Ciasem, dan bermuara di Laut Jawa, dengan panjang 60 km.

Tema Hari Perlindungan Ozon Sedunia 2015

hari ozon

Diterjemahkan dari un.org

Pada tahun 1994, PBB menetapkan 16 September sebagai Hari Perlindungan Lapisan Ozon Sedunia (International Day for the Preservation of the Ozone Layer) untuk memperingati Protokol Montreal yang ditandatangani pada tahun 1987. Melalui peringatan ini, negara-negara di dunia dihimbau untuk mendorong aksi-aksi yang dapat mencapai tujuan dari Protokol tersebut. Lapisan Ozon merupakan perisai gas yang amat rentan, melindungi bumi dari sinar matahari yang membahayakan, dan demikian membuat bumi tetap aman untuk dihuni.

Tiga Sungai Utama Di Kabupaten Subang (1)

Sungai Cipunagara

Bagi Kabupaten Subang, sungai memiliki peran penting karena merupakan komponen vital irigasi yang memasok kebutuhan air bagi areal pertanian, perikanan/tambak, sumber air baku untuk keperluan domestik maupun industri. Sungai-sungai di Kabupaten Subang pada umumnya merupakan sungai permanen dengan debit air tersedia sepanjang tahun tanpa dipengaruhi oleh kondisi musim kemarau dan musim hujan, tetapi rusaknya daerah tangkapan air di hulu sungai-sungai tersebut mempengaruhi fluktuasi debit air maksimum dan debit air minimum.