Monthly Archives: August 2015

Apa Kabar Sungai Citarum?

cit2

Sungai Citarum adalah sungai terpanjang dan terbesar di Jawa Barat. Membentang sepanjang 269 km mulai dari Gunung Wayang di selatan Kota Bandung hingga muaranya di Laut Jawa, Sungai Citarum adalah urat nadi perekonomian Jawa Barat. Sekurangnya 28 juta masyarakat Jawa Barat bergantung hidupnya kepada Citarum. Di sepanjang hilirnya, tak kurang 500 industri berdiri. Ya, Sungai Citarum memang menempati posisi yang penting bagi Jawa Barat, bahkan bagi negara ini. Dua potensi Sungai Citarum yang paling utama yakni sebagai sumber air baku dan sumber energi, di mana terdapat beberapa bendungan yang merupakan PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air).

Daftar Taman Nasional Di Indonesia

leu16

Indonesia adalah negara besar yang diberkahi dengan kekayaan alam yang luar biasa. Keanekaragaman hayati Indonesia sudah tak diragukan lagi. Demi melindungi keanekaragaman tersebut dari kepunahan, pemerintah menetapkan sejumlah kawasan sebagai kawasan pelestarian alam, yang dinamakan Taman Nasional. Taman Nasional menurut UU No. 5 Tahun 1990 adalah kawasan pelestarian alam yang mempunyai ekosistem asli, dikelola dengan sistem zonasi yang dimanfaatkan untuk tujuan penelitian, ilmu pengetahuan, pendidikan, menunjang budidaya, pariwisata, dan rekreasi. Kawasan Pelestarian Alam sendiri adalah kawasan dengan ciri khas tertentu, baik di darat maupun di perairan yang mempunyai fungsi perlindungan sistem penyangga kehidupan, pengawetan keanekaragaman jenis tumbuhan dan satwa, serta pemanfaatan secara lestari sumberdaya alam hayati dan ekosistemnya.

Kapan Kekeringan Akan Berakhir?

dry1

Bencana kekeringan kembali melanda negeri kita. Tak kurang 16 provinsi terkena, dari barat hingga ke timur. Sebut saja daerah Dusun Besar, Bengkulu. Areal persawahan yang belum lama ditanami sudah tak bisa lagi diairi bahkan sebagian besar tanah persawahan sudah retak-retak. Di Jawa Barat, tepatnya di  Desa Mekarjaya, Kecamatan Kertajati, Majalengka, para petani juga merasakan dampak kekeringan. Begitu pula di Desa Sukasirna, Cianjur, Jawa Barat. Akibat kekeringan mereka terpaksa melakukan panen dini dengan hasil jauh lebih rendah dibanding panen sebelumnya.