Monthly Archives: July 2015

Mengintip Kurikulum Mangrove di Bangladesh

mang3

Hari Mangrove Sedunia atau World Mangrove Action Day jatuh pada tanggal 26 Juli. Meski telah lewat, BLH Kabupaten Subang tetap ingin ikut memperingati, dengan menyerukan pentingnya menjaga mangrove. Mangrove yang terpelihara, berarti ekosistem pesisir yang terpelihara, yang berarti juga perekonomian masyarakat yang terjaga.

Pesan di Hari Populasi Sedunia

Pernyataan Dr. Babatunde Osotimehin, Direktur Eksekutif UNFPA (United Nation Population Fund)

531745_Babatunde

Dr. Babatunde Osotimehin

Laporan PBB terbaru menyebutkan bahwa jumlah penduduk terlantar telah meningkat pesat – hampir 60 juta orang pada akhir tahun 2014. Di antara mereka, wanita dan remaja putri paling banyak menghadapi ancaman akibat ketiadaan pelayanan kesehatan dan layanan penting lainnya.

Sekolah Imbas Calon Sekolah Adiwiyata Mandiri Tahun 2015

Ad1

Sekolah Adiwiyata merupakan program Kementerian Lingkungan Hidup yang bertujuan untuk mewujudkan sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan berdasarkan prinsip edukatif, partisipatif dan berkelanjutan. Sejak diluncurkan tahun 2006, program ini telah menghasilkan ratusan sekolah Adiwiyata yang tentunya berdampak positif terhadap tingkat pengetahuan, kesadaran dan kepedulian siswa terhadap lingkungan.

Kader Lingkungan Setengah Hati

re1

Suatu ketika segerombol siswa SMP masuk ke sebuah angkutan umum usai jam sekolah. Beberapa di antaranya memegang mangkuk styrofoam berisi camilan. Sambil bersenda gurau mereka menikmati camilan tersebut hingga habis. Ketika harus membuang sampah, mereka bingung karena tidak ada tempat sampah di dalam angkutan. Beberapa mengusulkan, “Udah, taro di kolong aja” (sudah biasa bukan, kita melihat sampah di kolong tempat duduk di angkutan umum).  Salah satu siswa, yang ternyata memakai pin bertulisan “KADER LINGKUNGAN” berkata, “Udah sini, biar aku yang buang”, dan mangkuk-mangkuk styrofoam pun berpindah ke tangannya.

Cinta Alam Ala HIPPALA

SAM_1708

Ada pemandangan yang menarik pada saat peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tingkat Kabupaten Subang tanggal 5 Juni lalu. Belasan pemuda berkaos biru muda bertulisan ‘HIPPALA’ tampak ikut memeriahkan acara. Pada saat itu juga dilakukan pelantikan terhadap pengurus HIPPALA (ditandai dengan pengalungan syal) oleh Bupati Subang H. Ojang Sohandi.