Category Archives: Info Lingkungan

13 Oktober, Hari Pengurangan Bencana Alam Dunia

iddr2

Bencana alam merupakan sesuatu yang tidak terhindarkan. Ia menghantui kita setiap saat. Ia bisa datang kapan saja dan di mana saja, juga menimpa siapa saja. Bisa datang secara lambat seperti kekeringan, ataupun cepat seperti banjir bandang atau tornado. Bisa berskala kecil, namun bisa juga berskala besar hingga meluluhlantakkan seperti tsunami Aceh. Namun satu hal yang pasti, kita bisa meminimalisasi resiko dan dampak yang ditimbulkannya, dengan berbagai upaya.

Hari Habitat Sedunia 2015: Ruang Publik Yang Terampas

hab1

PBB telah menetapkan hari Senin pertama bulan Oktober setiap tahunnya sebagai Hari Habitat Sedunia. Tujuan peringatan Hari Habitat Sedunia adalah untuk mendorong kota-kota di seluruh dunia agar memiliki komitmen untuk menyediakan hunian yang layak, yang mana merupakan hak-hak dasar seluruh warga kota. Juga ditujukan untuk mengingatkan dunia bahwa kita semua punya wewenang dan tanggung jawab untuk  membentuk masa depan kota kita. Hari Habitat Sedunia ditetapkan tahun 1985 oleh PBB melalui Resolusi 40/202, dan pertama kali diperingati pada tahun 1986.

Tiga Sungai Utama Di Kabupaten Subang (3)

cil1

3. Sungai Cilamaya

Sungai Cilamaya secara administratif masuk ke 3 wilayah kabupaten, yaitu Kabupaten Subang, Kabupaten Purwakarta dan Kabupaten Karawang), karena itu pula Sungai Cilamaya ada dalam kewenangan Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Mengalir sepanjang 60 km, Sungai Cilamaya bersumber di Gunung Burangrang dan bermuara di Laut Jawa.

Tiga Sungai Utama Di Kabupaten Subang (2)

as2

2. Sungai Ciasem

Memiliki 21 sungai dan 61 anak sungai, DAS Ciasem dengan sungai induknya Sungai Ciasem, merupakan satu-satunya DAS di Kabupaten Subang yang seluruh wilayahnya dari hulu hingga hilir berada dalam wiayah Kabupaten Subang. Sungai Ciasem berhulu di Desa Curugagung, Kecamatan Sagalaherang, hilirnya di Desa Pelabuhan, Kecamatan Ciasem, dan bermuara di Laut Jawa, dengan panjang 60 km.

Tema Hari Perlindungan Ozon Sedunia 2015

hari ozon

Diterjemahkan dari un.org

Pada tahun 1994, PBB menetapkan 16 September sebagai Hari Perlindungan Lapisan Ozon Sedunia (International Day for the Preservation of the Ozone Layer) untuk memperingati Protokol Montreal yang ditandatangani pada tahun 1987. Melalui peringatan ini, negara-negara di dunia dihimbau untuk mendorong aksi-aksi yang dapat mencapai tujuan dari Protokol tersebut. Lapisan Ozon merupakan perisai gas yang amat rentan, melindungi bumi dari sinar matahari yang membahayakan, dan demikian membuat bumi tetap aman untuk dihuni.