Category Archives: Berita Terkini

Rapat Koordinasi Adipura : Subang Optimis Meraih Adipura 2017

IMG_5846Subang, 25 Pebruari 2016. Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Subang melaksanakan rapat koordinasi dan evaluasi persiapan penilaian adipura tahun 2016 yang dipimpin langsung oleh Bupati Subang H. Ojang Sohandi dan dihadiri oleh seluruh OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Subang, TNI, POLRI, Pengadilan Negeri, BUMN, BUMD, Ormas, LSM dan Pengusaha.  Selain itu juga dihadiri oleh pinisepuh sebagai pelaku tim peraihan adipura tahun 1993 -1998.

Apa Kabar Sungai Citarum?

cit2

Sungai Citarum adalah sungai terpanjang dan terbesar di Jawa Barat. Membentang sepanjang 269 km mulai dari Gunung Wayang di selatan Kota Bandung hingga muaranya di Laut Jawa, Sungai Citarum adalah urat nadi perekonomian Jawa Barat. Sekurangnya 28 juta masyarakat Jawa Barat bergantung hidupnya kepada Citarum. Di sepanjang hilirnya, tak kurang 500 industri berdiri. Ya, Sungai Citarum memang menempati posisi yang penting bagi Jawa Barat, bahkan bagi negara ini. Dua potensi Sungai Citarum yang paling utama yakni sebagai sumber air baku dan sumber energi, di mana terdapat beberapa bendungan yang merupakan PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air).

Kapan Kekeringan Akan Berakhir?

dry1

Bencana kekeringan kembali melanda negeri kita. Tak kurang 16 provinsi terkena, dari barat hingga ke timur. Sebut saja daerah Dusun Besar, Bengkulu. Areal persawahan yang belum lama ditanami sudah tak bisa lagi diairi bahkan sebagian besar tanah persawahan sudah retak-retak. Di Jawa Barat, tepatnya di  Desa Mekarjaya, Kecamatan Kertajati, Majalengka, para petani juga merasakan dampak kekeringan. Begitu pula di Desa Sukasirna, Cianjur, Jawa Barat. Akibat kekeringan mereka terpaksa melakukan panen dini dengan hasil jauh lebih rendah dibanding panen sebelumnya.

Mengintip Kurikulum Mangrove di Bangladesh

mang3

Hari Mangrove Sedunia atau World Mangrove Action Day jatuh pada tanggal 26 Juli. Meski telah lewat, BLH Kabupaten Subang tetap ingin ikut memperingati, dengan menyerukan pentingnya menjaga mangrove. Mangrove yang terpelihara, berarti ekosistem pesisir yang terpelihara, yang berarti juga perekonomian masyarakat yang terjaga.

Pesan di Hari Populasi Sedunia

Pernyataan Dr. Babatunde Osotimehin, Direktur Eksekutif UNFPA (United Nation Population Fund)

531745_Babatunde

Dr. Babatunde Osotimehin

Laporan PBB terbaru menyebutkan bahwa jumlah penduduk terlantar telah meningkat pesat – hampir 60 juta orang pada akhir tahun 2014. Di antara mereka, wanita dan remaja putri paling banyak menghadapi ancaman akibat ketiadaan pelayanan kesehatan dan layanan penting lainnya.